Saturday 15 October 2016

Cara membuat topeng

Tags

Alat dan bahan :

1.balon
2.kertas koran
3.lem kanji dan lem pralon
4.kertas karton
5.selotip
6.cat minyak

Langkah-langkah pembutan:

1.buatlah adonan lem kanji.caranya,masukkan 10 gram tepung kanji ke dalam 1 1/2 gelas air sambil di aduk rata.kemudian panaskan diatas api kompor sampai mengental.kemudian tiuplah balon sampai kira-kira seukuran kepala.ikatlah ujungnya agar tidak mengempis.

2.sobek-sobeklah kertas koran dengan ukuran kurang lebih 3cm x 6cm.rendamlah sobekan kertas koran pada adonan lem kanji.kemudian tempelkan pada balon hingga menutup seluruh permukaannya.setelah mengering,tempelkan lagi kertas koran.biarkan mengering dan tempelkan lagi sampai 8 atau 9 lapisan.

3.apabila tempelan kertas koran disentuh terasa kaku atau keras,brarti lem telah mengering.letuskan balon dengan memasukkan mata jarum.potong bagian tepi balon.catlah permukaan topeng dengan warna putih.gambarlah motif (raut muka)topeng kemudian buatlah lubang untuk mata.

4.sobek-sobeklah kertas koran hingga menjadi serpihan kecil.rendam sobekan kertas koran sampai menjadi bubur.lumatkan dengan cara meremas-remasnya.tiriskan bubur kertas dan kemudian campurkan dengan lem pralon encer.gunakan adonan ini untuk membuat alis,hidung,dan bibir.

5.tunggulah lem mengering,kemudian catlah dengan warna-warna yang anda inginkan.pasangkan dua karet gelang pada sisi kanan dan kiri agar topeng dapat digunakan.


EmoticonEmoticon