Thursday 20 October 2016

Hobi mahal yang penuh manfaat

Tags

Di sini siapa sih yang suka foto-foto alias penghobi fotografi? Hem, nggak banyak juga ternyata. Wajar sih kalo sedikit yang suka sama hobi ini. Pasalnya, peralatan pendukung untuk hobi ini memang bisa dibilang cukup mahal. Meski demikian, ternyata ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita menekuni hobi ini lho. Apa aja sih manfaat dari hobi ini? Simak aja langsung yang satu ini ya, Loopers!

Bisa belajar banyak hal

Yang pertama yang akan kamu dapatkan adalah berbagai ilmu yang bermanfaat. Dalam fotografi, ada banyak hal yang harus kamu pahami, antara lain pencahayaan, teknik pengambilan gambar, sampai jenis kamera. Itu baru tentang foto, belum lagi kalo kamu sedang memburu gambar seekor hewan yang jarang muncul. Kamu otomatis harus mengetahui kebiasaan hewan tersebut. Jadi nambah wawasan deh.

Belajar bersyukur

Dengan fotografi, ternyata kita juga bisa belajar bersyukur terhadap nikmat Tuhan Yang Maha Esa. Misalnya aja nih, ketika kita mengabadikan pemandangan sebuah gunung nan indah dan belum pernah kamu lihat sebelumnya. Kamu akan merasa beruntung hidup di dunia ini dan lebih bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Lebih peka terhadap lingkungan sekitar

Fotografi juga menuntut kepekaan terhadap objek foto. Untuk menangkap momen yang pas dalam suatu gambar, kamu dituntut untuk peka dan siap merespon apapun kejadian yang sedang dialami oleh objek kamu. Perlu diingat, objek foto bukan melulu pemandangan, tapi bisa juga orang-orang sekitar. Semakin terbiasa kamu mengambil foto berbagai ekspresi orang, maka kamu juga semakin memahami perasaan dalam hati seorang manusia.

Bisa lebih mengatur kebiasaan dan rencana kegiatan
Setiap hunting foto, biasanya seorang penggila fotografi akan menyiapkan berbagai macam peralatan hingga jadwal-jadwal yang harus kamu lakukan. Hal tersebut akan membuat kamu terbiasa untuk mengatur waktu serta peralatan sebelum melakukan apapun. Yang suka telat jadi ontime dan yang sering lupa peralatan jadi fully prepared. Keren kan, Loopers?

Bisa dapet uang saku tambahan
Kalo manfaat yang satu ini sih untung-untungan ya. Kalo foto kamu bagus, trus ada yang lihat, kamu bisa direkrut menjadi fotografer di acara kondangan atau bahkan foto prewed. Kalo udah kayak gitu, kamu jadi bisa dapat tambahan uang saku deh. Lumayan, buat beli kamera baru.

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menekuni dunia fotografi. Meskipun peralatannya bisa dibilang mahal, kamu masih bisa melakukannya kok. Kan kamu punya teman yang bisa saling pinjam alat. Yang penting kamu harus tanggung jawab sama benda yang kamu pinjam


EmoticonEmoticon