Thursday 20 October 2016

Peran indonesia pada era globalisasi

Tags

Pada era globalisasi setiap bangsa tidak bisa memisahkan diri dari pergaulan dunia.bangsa indonesiapun berusaha meningkatkan perannya didunia internasional.hal ini agar indonesia bisa mengambil manfaat dari adanya globalisasi.

1.peran dibidang politik

  Era globalisasi pada bidang politik ditunjukkan dengan meluasnya paham demikrasi.demokrasi menjunjung tinggi kekuasaan rakyat dan hak asasi manusia.negara yang tidak menjalankan demokrasi akan menjadi sorotan dunia,bahkan dicap sebagai musuh dunia.untuk menjaga demokrasi didirikan berbagai organisasi internasional seperti PBB,konfrensi Asia-Afrika,danASEAN.
Peran indonesia adalah menjadi anggota dan berpartisipasi aktif dalam berbagai organisasi tersebut.indonesia juga menjaga hubungan dan kerja sama bilateral (dua negara) dengan negara-negara sahabat.

2.Peran dibidang Ekonomi
  
  Indonesia sesungguhnya bisa berperan besar dalam globalisasi.mengapa?karena indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah dan murah,serta memiliki pasar yang potensial.modal-modal ekonomi tersebut harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan daya saing dan menarik investasi di indonesia.
   Globalisasi ekonomi ditandai adanya pasar bebas.oleh karena itu,peran indonesia dalam globalisasi ditukukan untuk meningkatkan daya saing ekonomi indonesia.indonesia ikut memperkarsai terbentuknya ASEAN dan APEC.ASEAN adalah organisasi negara-negara asia tenggara,sedangkan APEC merupakan organisasi ekonomi kawasan asia pasifik.indonesia juga memanfaatkan lembaga ekonomi dunia seperti IMF(organisasi moneter internasional),ADB (bank pembangunan asia dan bank dunia untuk mendapatkan modal pembangunan dan meningkatkan perdagangan.

3.peran dibidang sosial

   Di bidang sosial,peran indonesia diera globalisasi tentu sangat banyak.Indonesia sangat berperan aktif dalam program-program sosial yang digagas oleh PBB dan organisasi dibawah PBB.misalnya dibidang peningkatan pendidikan,kwalitas hidup masyarakat,perlindungan anak,pengentasan kemiskinan,dan kesetaraan gender.


EmoticonEmoticon